ads

Minggu, 03 Juni 2012

Tugas Manajemen Produksi




1.      Ada yang mendirikan pabrik sepatu, sebelum dia memutuskan mendirikan pabrik sepatu ini menguntungkan atau tidak dengan menggunakan Analisis Financial. Sebutkan semua data dan variable yang diperlukan untuk menganalis financial ?

Jawab       :
Peramalan yang harus digunakan untuk mendirikan pabrik sepatu sebagai berikut :
         Peramalan Kualitatif
Dimana kita harus melakukan survey pasar konsumen. Dalam survey pasar konsumen ini kita bisa menggunakan 2 macam data :
1.      Data Primer
Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung oleh beberapa konsumen, dalam wawancara itu kita menanyai beberapa pertanyaan diantaranya modul dan jenis sepatu apa yang diinginkan, bahan sepatu apa yang diinginkan, motif sepatu apa yang diinginkan dll.
2.      Data Sekunder
Data sekunder diperoleh dengan cara penyebaran angket ke beberapa konsumen dan mencarai beberapa informasi melalui media massa, media cetak dan internet. Sehingga kita bisa mengetahui model sepatu apa yang banyak digunakan oleh konsumen.

      Peramalan Kuantitatif
  Metode Time Series
Dimana kita bisa memprediksi permintaan pada masa yang akan dating ( yang diramalkan ) diperkiran dengan pola data yang dimasa lalu. Dengan ini menggunakan data :
1.      Data Internal
Kita harus menghitung data keuangan, data produksi, dan data pegawai perusahaan.
2.      Data Eksternal
Kita harus mengetahui jumlah penggunaan depatu pada konsumen, tingakt preferensi pelanggan sepatu dan kita juga harus mengetahui pesebaran penduduk disekitar pabrik.

                        Perhitungan yang digunakan dalam Metode Time Series adalah :
  Metode Konstan
  Regresi Linear dan Kuadratik
  Perataan ( Double Moving Average )
  Pemulusan Double Exponential Smoothing One Parametery
  Sikilis

v  Dalam hal mendirikan pabrik sepatu kita harus menentukan lokasi pabrik sepatu. Lokasi pabrik sepatu harus sangatlah strategis supaya bisa minimalisasikan biaya poduksi dan mempermudah teknik pemasaran kepada konsumen.

2.      Pengertian dari variable acak dan contohnya ?

Jawab :
Variabel Acak adalah variable yang nilainya tergantung pada hasil percobaan acak (random).  Variasi acak merupakan kesalahan sampling yang paling umum dijumpai.

Contoh :
Seorang pemilik supermarket tertarik untuk menghitung rata-rata pendapatan per rumah tangga dalam suatu daerah tertentu. Informasi yang diperoleh akan dijadikan sebagai dasar pertimbangan bagi penyediaan jenis produk bagi masyarakat di daerah tersebut. seandainya dalam pelaksanaan pengambilan sampelnya, yaitu dalam pemilihan suatu sampel acak rumah tangga diperoleh rata-rata pendapatan rumah tangga sebesar Rp.250 juta per tahun untuk daerah tersebut, dalam hal ini kita bisa saja bercuriga bahwa sampel yang diambil mengandung kesalahan pendugaan, yakni secara kebetulan semua sampel yang dipilih mungkin berada dalam kelompok yang berpendapatan tinggi. Untuk kasus-kasus yang demikian hadirnya kesalahaan pendugaanagak mudah terdeteksi bila informasi yang diperoleh jelas meragukan, namun jika kesalahan pendugaan tidak begitu besar, tentunya kesalahan yang muncul menjadi sulit terdeteksi sehingga pada akhirnya informasi yang diperoleh akan mengarah pada pengambilan kesimpulan yang kelir





           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prosedur Klaim Asuransi Jiwa

Abstrak  Asuransi merupakan sarana financial dalam tata kehidupan rumah tangga dalam menghadapi resiko yang mendasar. Asuransi dan lem...